Cari Blog Ini

Selasa, 06 Desember 2011

SERIAL GUE & INOY


GOD IS ONE PART IV

Suatu hari Inoy bertanya pada gue...
"Bang Zach, mengapa Allah tidak membuat manusia di muka bumi ini jadi satu umat saja, menjadi beriman semua??"
"karena perbedaan itu sudah ketentuan Allah, dan itu mutlak, Noy..", jawab gue.
"mengapa perbedaan itu harus mutlak... Bang?? bukannya jika Allah menyatukan manusia di muka bumi ini, menjadi satu umat saja maka Allah tidak akan repot..", lanjut Inoy.
"Allah Maha Perkasa, Noy, Allah tidak akan repot dengan semua urusan yang ada di semesta ini, apalagi hanya untuk mengurus masalah keimanan umat manusia... Allah berfirman dalam Al-Qur'an surah al-Ma'idah ayat 48, yang artinya, Untuk tiap-tiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang... Sekiranya Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat saja, tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap pemberian-Nya kepadamu... Maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan, hanya kepada Allah-lah kamu semuanya kembali lalu diberitahukan-Nya kepadamu apa yang telah kamu perselisihkan itu.", jawabku sedikit berkhotbah pada Inoy.
"ooohh...begitu ya Bang!! Tapi bagaimana cara Allah menguji kita dengan pemberian-Nya itu, Bang Zach??", kembali Inoy bertanya.
"berlomba-lomba berbuat kebajikan, kan di Surah al-Ma'idah tadi udah dikatakan, Noy..!!" gue mulai meninggikan nada suara sebagai isyarat agar Inoy berhenti bertanya.
"aahh... ternyata, bang Zach, belum bisa menerima ujian dari Allah...", celetuk Inoy
"maksud kamu apa, Noy?!?!", sekarang giliran gue yang bertanya ke Inoy, penasaran...
"maksud Inoy, Bbang Zach belum layak menerima ujian dari Allah, karena, Inoy baru bertanya sedikit, bang Zach sudah terlihat gak sabar dan mulai emosi...", jawab Inoy tersenyum.
"abang ini manusia Noy, punya batas kesabaran dan emosi...", balas gue sekenanya.
"nah...disitulah ujian Allah yang sebenarnya, bagaimana kita manusia ini mengolah keterbatasan tersebut dan jika kita mampu mengolahnya, jangankan permintaan tanya dari Inoy, mungkin gunung pun bang Zach bisa pikul, karena hasil pengolahan keterbatasan kita sebagai manusia akan menghasilkan sikap Ikhlas dan itulah modal utama kita menjalani ujian dari Allah... gimana menurut bang Zach??, hehehe piss bro..", potong Inoy balik berkhotbah.
Lalu... Gue cuma bisa terbengong dengar penjelasan Inong...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar