Cari Blog Ini

Selasa, 06 Desember 2011

SERIAL GUE & INOY


EPISODE: PUNGLI FOREVER

Suatu hari Inoy bertanya pada gue, "bang, pungli itu artinya apa sihh??"...
Gue menatap Inoy, adik lelaki semata wayang gue, lucu, imut dengan mata bulat bening, baru naik level dari TK nol kecil ke TK nol gede... Gue gak abis pikir, darimana Inoy dapat wangsit kenapa tiba-tiba bisa nanya soal pungli ke gue?!..
"Pungli... kata ini terdiri dari dua suku kata yang masing-masing suku katanya merupakan singkatan dari sebuah kata... Suku kata pertama adalah 'Pung' kependekan dari kata Pungutan, kata ini berasal dari kata dasar pungut yang berarti mengambil sesuatu benda/barang yang posisinya berada dibawah atau lebih rendah dari posisi saat kita bediri... Suku kata yg kedua adalah 'Li' kependekan dari kata liar yg berarti bebas tak terkendali, suatu keadaan yg tidak terkontrol... Jadi jika kedua suku kata tersebut digabungkan akan menjadi sebuah kata pendek yg berbunyi 'PUNGLI' kependekat dari kata Pungutan Liar, yang berarti tindakan mengambil sesuatu dari tempat yang lebih rendah dengan cara yang tidak terkontrol... Jadi konotasi dari kata pungli itu tidak baik, buruk dan jahat... Contoh kongkrit dari pungli seperti aparat atau preman yang meminta uang keamanan sama pedagang di pasar dengan cara memaksa, pak rt yang minta uang pengurusan ktp namun memberatkan warganya, satpam komplek yang selalu minta uang 'pas masuk' sama kendaraan yang lewat, dan lain sebagainya...", jelas gue.
Inoy melongo, mata bulatnya memandang gue tanpa berkedip...
Mungkin dalam otak TK Inoy berkata, "penjelasan bang Zach, belum saatnya buat Inoy cerna...terlalu ribet!!"
Tapi setelah bosan melongo, Inoy berkata ke gue... "ooohh.. jadi begitu ya bang, artinya pungli!?!"
"betul... Nong!!!", jawab gue.
"berarti sama seperti waktu bang Zach minta uang jajan Inoy yang diberikan bunda, supaya Inoy bisa ikut bang Zach waktu ke rumahnya kak Sarah dong!!! Wah ternyata bang Zach pelaku pungli juga...", kata Inoy.
Sekarang gantian gue yang melongo, dengar kata-kata Inoy....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar